Halaman

Jumat, 26 April 2013

Artikel Lingkungan Hidup


Daur Ulang Kertas

P
erbandingan laju penanaman pohon dan konsumsinya yang tidak sebanding di Indonesia, semakin memperkuat akan pentingnya daur ulang limbah kertas. Idealnya, laju pertumbuhan hutan harus lebih besar dari laju konsumsinya.Berbeda dengan di Indonesia, di Amerika Serikat 55% dari jumlah konsumsi kertas secara nasional dapat di daul ulang dan digunakan kembali sebagai bahan baku kertas (ref.:paperrecycles.org). Bahkan di sana, setiap 3 pohon yang dikonsumsi, 5 pohon baru tumbuh sebagai penggantinya. Maka, tidaklah mengherankan jika selama kurun waktu 50 tahun terakhir, populasi hutan di Amerika Serikat meningkat

Proses Daur Ulang Kertas

Proses daur ulang kertas bermula dari proses pemilahan limbah kertas dari limbah lainnya, mulai dari rumah tangga, sekolah, kantor-kantor atau di tempat manapun. Tahap awal ini sangat menentukan keberhasilan proses daur ulang secara keseluruhan.

Setelah limbah kertas dipisahkan dari limbah lainnya, kemudian limbah kertas diangkut ke tempat penampungan sementara.Di sini, limbah kertas kembali disortir dan dipisahkan dari limbah lainnya.Baru kemudian setelah itu limbah kertas dipress (biasanya menjadi bentuk kotak) dan dikirimkan ke pabrik kertas atau paper mill untuk diproses lebih lanjut.

Di pabrik kertas, limbah-limbah kertas tersebut dihancurkan dan dicampur dengan air untuk membuat bubur kertas. Bubur kertas selanjutnya dicuci (washed), disaring (refined), lalu dijadikan bubur kertas. Untuk menghilangkan warna dari bubur kertas, selama pembuatan biasanya ditambahkan pula bahan kimia pemutih (bleaching agent) seperti hidrogen peroksida atau H2O2.

Setiap kali kertas didaur ulang, panjang seratnya berkurang, yang berpengaruh langsung terhadap kekuatan kertas yang dihasilkan. Kira-kira kertas dapat mengalami proses daur ulang sampai dengan tujuh kali proses.

Produk Hasil Daur Ulang Limbah Kertas

Kertas yang diproduksi dari limbah kertas biasanya diklasifikasikan berdasarkan kualitas (kelas) atau grade.Setiap grade memiliki karakteristik yang berbeda. Secara umum, produk kertas hasil daur ulang biasanya dikelompokkan menjadi corrugated (bahan pembungkus barang), newsprint (kertas koran), mixed (dengan warna dan jenis yang berbeda) dan kertas kerja atau office paper.

Jenis produk kertas daur ulang ditentukan oleh limbah kertas yang digunakan sebagai bahan bakunya.Limbah kertas kualitas rendah misalnya, biasanya dibuat kembali menjadi produk kertas kualitas rendah pula, seperti corrugated paper dan newsprint.Begitu pula sebaliknya.

Cara Membuat Kertas Daur Ulang

Cara membuat kertas daur ulang dengan cara manual dan mesin


Proses pembuatan Kertas Daur Ulang Manual
A. Cara Manual
Mengolah atau membuat kertas  limbah kertas menjadi kertas karton atau kertas kerajinan dapat dikerjakan secara manual dengan alat sederhana yang dapat kita buat sendiri.
Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat kertas karton diantaranya sludge atau limbah kertas,kertas bekas, enceng gondok, pelepah pisang, jerami,ampas tebu.Alat- alat untuk membuat kertas antara lain yaitu
  • Screen sablon atau saringan kasa :Alternatifnya kain kasa dibingkai pigura
  • Rakel sablon :alternatifnya roll cat dibuka bagian penyerapnya (tersisa pralonnya)
  • Ember atau bejana, diusahakan ukurannya lebih besar daripada ukuran screen sablon
  • Kain blacu,nilon atau sebagi alternatif dapat menggunakan kain spanduk bekas
  • Papan atau matras rata
  • Blender
  • Busa
Bahan – Bahan Bubur Kertas :
  • Limbah kertas (sludge): Alternatifnya kertas koran bekas
  • Lem Kanji :bisa dibuat sendiri dengan cara mencampur tepung kanji dengan air panas
Persiapan :
Siapkan alat tatakan untuk proses pencetakan, yaitu susun bagian pencetakan dengan urutan bagian dari bawah sampai dengan atas seperti berikut :
  1. Papan/matras, posisi kemiringan 30-45 derajat
  2. Busa
  3. Kain
Langkah – Langkah Pengerjaan :
A. Membuat buburan kertas (Pulp)
Sebagai bahan untuk mendaur ulang kertas kita ambil contoh dari kertas koran bekas, beberapa tahapan diantaranya yaitu:
  1. Rendam kertas koran bekas di dalam air selama 2 hari untuk sampai terlihat hancur,usahakan air menutup semua bagian kertas.
  2. Setelah terlihat lumer atau hancur, blender dengan air dengan perbandingan 1:4 sampai terbentuk buburan kertas.
  3. Campurkan lem kanji dengan buburan kertas ke dalam blender
  4. Masuk dan siapkan adonan ke bejana atau ember besar dengan tambahkan air.Penambahan air disesuaikan dengan kebutuhan.Jika menginginkan cetakan kertas tipis, penambahan air bisa diperbanyak (semakin encer, hasil cetakan semakin tipis)
  5. Adonan siap dicetak
B. Mencetak Kertas Karton
Setelah adonan bubur kertas sudah siap,selanjutnya kita melakukan pencetakan kertas dengan cara sebagai berikut
  1. Masukkan screen sablon sampai terendam sepenuhnya dan saring adonan yang sudah siap di ember/bejana denganposisi bingkai sablon di bawah.
  2. Angkat bingkai, dan pastikan hasil saringan adonan bubur kertas merata di atas screen.(hasil saringan tersebut merupakan hasil cetakan dalam keadaan basah)
  3. Tiriskan bingkai sampai air menetes maksimal.
  4. Setelah tetesan air dirasa sudah sedikit/mengering,angkat dan letakkan hasil cetakan ke kain cetak yang sudah disiapkan dengan posisi saringan adonan menempel di kain
  5. Kering dan tempelkan hasil saringan kertas tersebut dengan rakel sablon sampai air benar – benar kering atau menipis
  6. Angkat perlahan screen sablon, dan akan terlihat kertas karton setengah jadi
  7. Angin – anginkan hasil cetakan selama kurang lebih 1/2 jam kemudian jemur di terik matahari
  8. Jika sudah benar- benar kering,ambil kertas dari kain dan setrika untuk mendapatkan hasil yang rata.
  9. Rapikan dengan memotong sisi-sisinya
B. Mengolah Dengan Mesin
Proses dalam mengolah atau daur ulang kertas dengan mesin sebenarnya merupakan pengembangan dari cara manual.
Pengolahan dengan mesin akan sangat membantu dalam hal efektivitas dari sisi waktu dan tenaga.
Seperti halnya pengerjaan secara manual, secara garis besar urutana atau pola pengerjaannya hampir sama.
Beberapa bagian pengerjaan dengan mesin diantara yaitu:
  • Proses pulp atau membuat buburan kertas:Proses ini dikerjakan di mesin bietter/holander.
  • Proses Pencetakan : Dikerjakan di mesin fourdrinier,yaitu mesin cetak karton
  • Proses Pengeringan :Sama halnya dengan cara manual, proses ini masih menggunakan tenaga matahari
  • Proses perataan : Jika pengolahan dengan cara manual dengan setrika, proses dengan mesin menggunakan mesin kalendar.
  • Proses pemotongan : Dikerjakan dengan mesin potong kertas

Daur Ulang Perangkat Komputer
Dalam Amerika Serikat, sekitar 1,84 juta ton sampah elektronik yang disimpan di tempat pembuangan sampah dari tahun 2003-2005, menurut US Environmental Protection Agency (EPA). E-limbah yang meliputi produk komputer, TV, dan ponsel juga bertanggung jawab untuk 70% dari logam berat beracun seperti timbal, merkuri, dan cadmium sekarang direbus pada mereka landfill.
Hal ini mendorong untuk dicatat bahwa hari ini, tingkat Daur Ulang untuk barang-barang elektronik, komputer khususnya, telah meningkat menjadi sekitar 18% sebagai orang Amerika lebih banyak dan lebih telah menjadi sadar akan kebutuhan untuk e-daur ulang limbah dan bahaya ini dibuang produk berpose untuk kesehatan kita dan lingkungan.
Cara Daur Ulang Perangkat
Bahan :

  1. 2 buah Keyboard bekas..
  2. 2 buah Mouse bekas
  3. 2 buah kabel mouse bekas
  4. 4 keping kaset CD/DVD yang rusak.
  5. Kawat
  6. Lem (saya pakai lem yang untuk bengun rumah ^^a biar kuat)
  7. Cat (bila perlu)
  8. Sterofom (bila perlu)
  9. Tusuk gigi (bila perlu)
  10. Lilin mainan (bila perlu)
  11. Gliter or Tinta timbul (bila perlu)
  12. 2 lampu kecil, 1 baterai, 1 saklar  (bila perlu)

Alat :

1.      Gunting
2.      Tang
3.      Pisau


Cara kerja :

1.      Buka keyboard dan keluarkan semua isinya, buka menjadi dua bagian. Yaitu bagian atas dan bawah.Ambil satu per satu tuts, karet tuts yang kecil-kecil itu, dan sebuah plastik yang ada di dalam keyboard (ga tau namanya hehe ^^a) dan pisahkan sendiri-sendiri.
2.      Ambil bagian belakang 2 keyboard dan satu kan dengan lem, maka jadilah sebuah dasar seperti tanah berbentuk kotak. Ambil tuts keyboard yang kotak kecil itu dan susun satu per satu dengan teliti di salah satu bagian keyboard yang jadi pondasi tadi. Membuat bagian bawah kapal, rangkailah dengan lem.Cara merangkainya adalah yang bagian bawah itu bagian tuts yang ada tulisannya itu lho. “A” “B” “C” dst..dan ingat samakan ukurannya jangan sampai ada yang lebih besar atau lebih kecil.
3.      Untuk pagarnya, saya buat dari tusuk gigi. 3 tusuk gigi di ikat jadi satu dan disusun berdiri di bagian atas tuts melingkari atas kapal.Potong kabel mouse dan susun di atas tusuk gigi agar terkesan seperti pegangan kapal.Ambil kawat panjang dan plastik yang ada di dalam keyboard susun jadi sebuah bendera besar seperti di sebuah kapal pada umumnya.Tancapkan bagian bawah kawat ke sela-sela tuts.
4.      Ambil 4 keping kaset DVD yang rusak dan botong sampai menjadi lingakaran kecil dengan lubang ditengahnya. Setelah itu tempeli bagian kaset yang mengkilap dengan karet tuts kecil-kecil dengan lem.Lilit dengan kabel dan lilitkan di sela-sela tuts kapal. Maka akan terlihat seperti ban pelampung. Bagian yang biasanya dibuat untuk mencolokkan yang ada diujung kabel diambil dan dipasang di bagian bawah kapal agar terkesan seperti baling-baling.
5.      Potong sterofom dan susun di sela-sela bagian kapal, lalu dicat agar terkesan kapal masuk ke air. Potong juga beberapa jadi panjang, lalu dalamnya diberi kawat kecil dan tancapkan di dasar sterofom yang jadi alas kapal tadi. Ini akan terkesan seperti ombak. Pasang lampu kecil di dalam kapal.Yaitu di masing-masing ujung kapal.Dirangkai serapi mungkin bersama saklarnya.Lalu ambil lilin mainan dan bentuk jadi orang-orang kecil, meja, kursi dan letakkan diatas kapal.Wah terkesan seperti sedang ada orang diatas kapal. Juga orang-orang yang sedang memancing hihihihi… ^_^
6.      Nah tinggal alas keyboard yang satunya yang masih kosong yaa…. Ambil 2 buah mouse tadi dan beri lem lalu ditempel dipojok dan di tengah.Untuk pulau mouse ditempel seperti biasa dan untuk mouse satunya ditempel terbalik lalu dicat.

Yang ditengah sengaja dibuat sepeti pulau : ambil kabel lalu keluarkan isinya, diganti dengan kawat. Lalu bentuk kabel itu biar agak bergelombang, ambil plastik gunting kecil-kecil membentuk daun kelapa lalu di cat dan ditempelkan di atas kabel tadi.Ambil sterofom potong kecil utuh dan temple dipojok keyboard lalu tancapkan pohon tadi di atasnya.Jadilah pulau kecil ambil sterofom lagi potong kecil dan taburkan dengan lem di sekitar pulau.Lalu atasnya diberi gliter berkilauan agar terkesan seperti pasir pantai. Jangan lupa ditambah orang-orang yang sedang mincing ehehe…

Untuk mouse yang ditengah dibuat untuk kapal bajak laut kecil : ambil kawat dan plastik keyboard rangkai seperti bendera kapal yang kecil lalu tancapkan ujung kawat ditengah mouse. Dibagian atas bendera diberi hiasan tengkorak dari sterofom dan kabel.Lalu dicat ^^. Buat orang-orangan bajak laut dari lilin mainan dan letakkan diatas mouse tadi. Hyaaa Bajak Laut Siap menjajah Kapal Gede!! >___< untuk lautan di bagian pondasi keyboard ditempeli karet tuts kecil secara rapi dengan lem dan jadilah lautan dangkal. Dan terakhir..  ambil bagian tuts spacebard yang panjang  dan tulis nama sekolah atau apapun diatasnya dengan tinta timbul dan letakkan dibawah kapal… Taraaaa!!! Jadi lah !walau agak bertele-tele tapi rasanya puas sekali >,<..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sippppp

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Cheat Ninja Saga 2013 | Design : Noyod.Com